Katarak adalah kekeruhan lensa mata, dimana lensa yang normal seharusnya bening. Kelainan ini bersifat perlahan-lahan namun progresif. Katarak merupakan penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia. Katarak tidak menyebabkan kebutaan permanen dan dapat diatasi dengan tindakan operasi.

Siapa saja yang dapat terkena KATARAK?

Katarak dapat mengenai semua usia, mulai dari sejak lahir sampai usia sangat lanjut. Katarak dapat disebabkan oleh kelainan kongenital (bawaan) karena infeksi ibu sewaktu bayi masih di dalam kandungan; proses degeneratif/bertambahnya usia seseorang, cedera mata, komplikasi penyakit mata lainnya, pemakaian obat-obatan tertentu, paparan sinar matahari berlebihan, atau penyakit sistemik seperti Diabetes Melitus.

Katarak tidak menular dan bukan merupakan selaput yang menutupi bola mata. Katarak dapat mengenai satu mata saja atau kedua mata sekaligus dengan derajat kekeruhan lensa yang sama atau berbeda.

Bagaimana gejala KATARAK?

  • Penglihatan menjadi buram seperti berkabut/berembun/berawan
  • Silau
  • Penglihatan dobel pada satu mata
  • Terlihat warna putih bulat di bagian tengah warna hitam mata

Macam-macam katarak

Penglihatan penderita katarak

Bagaimana mengobati KATARAK?

Sampai saat ini, belum terbukti ada obat-obatan yang dapat mencegah ataupun mengobati katarak. Konsumsi vitamin dan antioksidan disebutkan mampu memperlambat progresivitas katarak. Melindungi mata terhadap paparan sinar matahari (dengan menggunakan kacamata gelap atau kacamata biasa yang dapat menghalangi sinar ultraviolet) dapat memperlambat terjadinya katarak.

OPERASI MERUPAKAN JALAN SATU-SATUNYA UNTUK MENGOBATI KATARAK.

Operasi katarak dilakukan jika penglihatan yang buram sudah mengganggu aktivitas pasien sehari-hari, seperti sulit membaca, menyetir kendaraan atau nonton televisi, jadi tidak harus menunggu sampai katarak “matang” (total).

Keputusan untuk operasi adalah berdasarkan hasil pemeriksaan dokter mata dan keluhan penglihatan pasien.

Operasi dilakukan dengan anestesi topikal (penghilang rasa sakit dengan obat tetes mata) dan tidak perlu menginap di rumah sakit (kecuali pada kasus-kasus tertentu diperlukan pembiusan total). Lensa yang keruh dikeluarkan dan diganti dengan lensa buatan. Lensa buatan ini dimasukkan ke dalam mata jika tidak ada komplikasi/penyulit saat operasi dan dapat dipergunakan seumur hidup.

LASER tidak bisa untuk operasi katarak, tetapi dapat digunakan setelah operasi katarak bila kapsul lensa juga mengalami kekeruhan. Hal ini disebut sebagai katarak sekunder. Katarak sekunder dialami oleh 20% dari penderita yang telah dioperasi katarak. Biasanya terjadi antara 3 bulan sampai puluhan tahun kemudian.

Sebagian besar penderita akan mengalami perbaikan tajam penglihatan secara bertahap setelah operasi katarak, kecuali bila terdapat kelainan pada kornea, saraf mata (retina atau saraf optik) atau kelainan lainnya.

Komplikasi dapat terjadi pada saat operasi atau sesudah operasi, namun sangat jarang. Salah satunya adalah infeksi, sehingga pasien harus disiplin menggunakan obat tetes mata setelah operasi, mengikuti petunjuk dan segera konsultasi ke dokter mata jika ada keluhan sekecil apapun.

Bagaimana setelah operasi KATARAK?

Aktivitas normal setelah operasi katarak dapat dilakukan seperti sebelum operasi. Proses penyembuhan berlangsung sekitar 2 – 3 minggu, namun untuk pekerjaan ringan ataupun membaca dapat dilakukan sebelum itu. Pasien harus mematuhi aturan-aturan yang diberikan dokter setelah operasi, antara lain: Mata tidak boleh terkena air dan tidak boleh dikucek.

  • Plastik penutup mata (dop) harus digunakan saat mandi, tidur dan keluar rumah.
  • Tidak boleh bersin, batuk yang kencang, mengedan, mengangkat berat (> 5 kg) dan berhubungan suami-istri.
  • Bila tidur, posisi tidur sebaiknya terlentang atau miring ke arah mata yang sehat.
  • Untuk yang beragama Islam jika melaksanakan shalat, berwudhu dengan tayamum dan tidak boleh ruku’/sujud (diharapkan shalat dalam posisi duduk).
  • Obat tetes mata diteteskan 6 kali sehari (tiap 3 jam)
  • Bila mendapat obat tetes mata lebih dari 1 macam, kedua obat boleh dipakai bersamaan dengan selisih waktu penetesan 5 menit.
  • Mata dibersihkan 2 kali sehari dengan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat matang.
  • Kontrol ke Dokter Mata sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  • Segera konsultasi ke Dokter bila ada keluhan yang mengganggu sebelum jadwal kontrol yang ditetapkan.

Kesimpulan

Katarak adalah penyebab paling umum berkurangnya penglihatan, khususnya pada usia lanjut. Hal ini dapat diatasi dengan operasi. Dokter Mata akan memeriksa dahulu apakah keluhan penglihatan disebabkan oleh katarak atau hal yang lain, dan apakah tindakan operasi diperlukan untuk mengatasi katarak. ------------0----------- KATARAK

EVENTS

----------------------------------------------------------------------------------------------

Paket Psikotes Anak

Dapatkan promo Paket Psikotes Anak  di Bulan Juni - Juli. Read More

 

Paket Operasi Katarak

Dapatkan promo Paket Operasi Katarak Dengan Teknik Fakoemulsifikasi  di Bulan Agustus - September. Read More

 

Seminar Tumbuh Kembang Anak

 

RS Permata Bekasi menyelenggarakan seminar dengan tema "Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak". Read More

 

Perawatan Gigi

Dapatkan promo Perawatan Gigi di Bulan Juli - Agustus. Read More

 

 

Kick Off meeting - Business Plan 2015

 

Pada hari Rabu tanggal 25 Desember 2014 telah diadakan “Kick Off meeting – Business Plan 2015, RS Permata Keluarga Group” di Putri Duyung Cottage, Ancol, Jakarta Utara

 Read More

Business Plan Meeting RS Permata Keluarga Group

Business Plan Meeting Rumah Sakit Permata Keluarga Group diikuti oleh RS Permata Bekasi dan RS Permata Depok. Read More

 

Seminar kesehatan PT. Yutaka Manufacturing Indonesia

Sebagai bentuk kerjasama RS Permata Bekasi dengan perusahaan - perusahaan di daerah bekasi, RS Permata Bekasi dan PT. Yutaka Manufacturing Indonesia memberikan seminar kesehatan kepada para karyawan PT. Yustaka MAnufacturing Indonesia

Read More

Penyuluhan Kesehatan Ibu & Anak Kali Jambe, Lambang sari Tambun selatan


Sebagai bentuk kepedulian RS Permata Bekasi terhadap kesehatan masyarakat sekitar, secara rutin RS Permata Bekasi memberikan/mengadakan penyuluhan langsung ke masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Bentuk dari kegiatan ini berupa pemberian materi kesehatan ibu & anak dan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Read More

 

ARTIKEL KESEHATAN

----------------------------------------------------------------------------------------------

Rematik

 

Merupakan sekelompok penyakit yang menyerang berbagai organ dan jaringan tubuh seperti tulang , sendi, otot, bahkan darah atau organ tubuh lainnya. Read More

Demam Berdarah

Adalah penyakit yang disebabkan virus dengue yang masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi, terutama Aedes aegypti. Read More

PAP SMEAR CEGAH KANKER SERVIKS SEDINI MUNGKIN

Apa itu Pap Smear ?

Pap smear adalah pemeriksaan untuk mendeteksi secara dini adanya kanker leher rahim (serviks), disamping itu dapat sebagai pendeteksi adanya infeksi pada alat reproduksi wanita. Read More

 

 

 

 

---------------------------------------------------------------------------------------------------

RS PERMATA BEKASI @2014