Mengenal Hemodialisis (Cuci Darah)

Oleh : dr. Nur Alim Fitradjaja, SpPD, FINASIM

 

Ginjal dan Fungsinya

 

Struktur Ginjal:

- letaknya di pinggang kanan dan kiri.

- Ukuran Ginjal:

- panjang 9-11 cm

- lebar 5-6 cm

- tebal 3-4 cm

- berat 150 gr

Bentuk Ginjal:

- mirip dengan buah jambu mente

 

Fungsi Ginjal adalah :

1. Sebagai organ pembersih darah, dengan kata lain ginjal berfungsi mengeluarkan limbah sisa-sisa metabolisme tubuh diantaranya : air (yang paling banyak), ureum, kreatinin, kalium, ion hidrogen dan bahan-bahan limbah lainnya.

2. Sebagai organ pembuat hormon/enzim, hormon/enzim tersebut adalah :

a) Eritropoetin (yang berfungsi untuk membentuk darah)

b) Calcitrol (yang berperan dalam metabolisme tulang)

c) Renin (yang berfungsi mengatur tekanan darah)

Ginjal sehat mempunyai kemampuan untuk membersihkan darah 100-125 cc/menit. Bila jumlah darah orang sehat sekitar 5000 cc maka seluruh darah akan dibersihkan dalam 40-50 menit. Fungsi ginjal ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu : umur, jenis kelamin dan berat badan.

 

Penyakit ginjal kronis (PGK) adalah suatu keadaan dimana ginjal mengalami penurunan fungsi dapat disertai gangguan struktur serta terjadi dalam waktu tiga bulan atau lebih. Ciri-ciri penyakit ginjal kronik diantaranya : kronik/menahun (terjadi tiga bulan atau lebih), menetap (tidak dapat kembali ke fungsi struktur normal), progresif (bertambah parah dari waktu ke waktu). Penyebab dari penyakit ginjal kronik ini, yaitu : tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit kencing manis (diabetes melitus), radang ginjal (glomerulo nefritis), batu ginjal, infeksi ginjal/saluran kemih, sumbatan saluran kemih oleh berbagai macam sebab, pembesaran kelenjar prostat, asam urat tinggi, obat-obatan dan lain-lain.

 

Derajat

eLFG ml/mnt

Keterangan

1

>90

Terdapat gangguan struktur ginjal

2

60-89

Terdapat gangguan struktur ginjal

3a

46-59

Terdapat atau tidak terdapat gangguan stuktur ginjal

3b

30-45

Pada derajat ini pasien biasanya baru datang berobat

4

15-29

Terdapat atau tidak terdapat gangguan struktur ginjal

5

<15

Terdapat atau tidak terdapat gangguan struktur ginjal. Disebut juga PGK tahap akhir atau gagal ginjal kronik. Pada derajat ini sudah indikasi untuk terapi pengganti ginjal.

Tabel Tingkat Kearahan Penyakit Ginjal Kronis

 

Gejala biasanya timbul pada stasium tiga dan empat, seperti : nyeri pinggang, kencing darah atau kencing berbuih, kencing banyak terutama malam hari, bengkak di daerah muka, lemas, pucat, pusing/sakit kepala, mual, nafsu makan berkurang, bengkak di kaki atau seluruh tubuh dan tekanan darah tinggi

 

Orang-orang yang beresiko terkena PGK adalah kelompok usia lanjut (>60 tahun), penderita tekanan darah tinggi, penderita sakit gula (diabetes melitus), penderita dengan riwayat keluarga penyakit ginjal, penderita dengan penyakit tertentu (SLE, HIV, Keganasan, Kolesterol Tinggi, asam urat tinggi, radang tenggorokan kronik pada anak-anak).

Pencegahan PGK dapat dilakukan, pada kelompok umur diatas 60 tahun dilakukan pemeriksaan berkala agar kelainan bisa diatasi sejak dini, bagi yang mempunyai penyakit seperti gula, asam urat tinggi dan hipertensi harus mengendalikan penyakitnya secara ketat, untuk mencegah terjadinya batu ginjal dan infeksi saluran kemih, biasakan minum air putih 2-2,5 liter setiap hari, hindari merokok dan minum alkohol, bagi anak-anak/remaja yang sering mengalami radang tenggorokan dan saluran nafas, lakukan pengobatan secara tuntas hingga tidak sampai menjadi kronik.

 

Dalam kondisi tubuh yang sehat, usaha pembersihan darah dilakukan oleh ginjal hingga darah kita selalu bersih dari racun-racun (limbah yang berasal dari proses metabolisme tubuh). Apabila ginjal kita sakit maka usaha pembersihan tidak terjadi hingga darah menjadi kotor oleh racun sisa metabolisme tubuh. Seseorang yang terkena penyakit ginjal kronis dan fungsi ginjalnya kurang dari 10% atau laju filtrasi glomerulus (LFG) kurang dari 15 cc/mnt dan kondisinya tidak bisa lagi diatasi dengan obat-obatan atau cara-cara konvensional lain maka harus menjalani terapi hemodialisis. Hemodialisis adalah usaha/tindakan membersihkan darah dari bahan-bahan beracun dari dalam tubuh yang tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal yang sakit.

 

Saat untuk memulai hemodialisis adalah ketika mengalami gejala-gejala sebagai berikut :

1. penurunan kesadaran

2. Mual dan muntah yang hebat

3. Sangat kurus

4. Kelebihan cairan tubuh yang tidak bisa diatasi dengan obat-obatan

5. Keasaman darah yang meningkat

6. Peningkatan kadar kalium darah

7. Kadar racun darah yang sangat tinggi (ureum darah > 150mg/dl, kreatinin > 12 mg/dl)

 

Tujuan hemodialisis diantaranya mengeluarkan bahan-bahan racun, kelebihan air, kelebihan asam dan kelebihan elektrolit yang tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal, mempertahankan kadar zat-zat kimiawi yang ada dalam tubuh, mempertahankan dan mengatur tekanan darah, mengurangi gejala-gejala yang timbul pada pasien akibat berkurangnya fungsi ginjal.

 

Mekanisme Kerja Hemodialisis

 

 


 

 

Larangan hemodialisis adalah ketika kondisi pasien terlalu lemah atau sakit stadium tinggi, tekanan darah rendah, pasien dengan gangguan proses pembekuan darah, pasien mengalami gangguan jiwa, pasien yang menolak untuk melakukan hemodialisa dan pasien yang sulit didapat akses vaskulernya.

 

Rangkuman :

1. Hemodialisis adalah suatu usaha terapi utuk penderita penyakit ginjal yang berat.

2. Hemodialisis bertujuan untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme tubuh yang tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal akibat penurunan fungsinya.

3. Hemodialisis bukan usaha untuk mengobati penyakit ginjal, namun hemodialisis adalah usaha untuk menggantikan fungsi ginjal selama fungsi tersebut terganggu.

4. Hemodialisis hanya menggantikan fungsi ginjal sebagai organ pembersih darah sedangkan gangguan fungsi ginjal lainnya harus diterapi dengan cara tersendiri.

5. Hemodialisis reguler dilakukan terus menerus terhadap pasien gagal ginjal kronik atau PGK tahap akhir yang sudah memenuhi indikasi dan inisiasi.

6. Ada beberapa kondisi pasien penyakit ginjal yang tidak boleh dilakukan hemodialisis karena resikonya lebih besar dibandingkan manfaatnya.

 

Daftar pustaka :

Suwitra, K. (2016). Hidup Berkualitas dengan hemodialisis (Cuci Darah) Reguler. Denpasar : Udayana University Press.

 

EVENTS

----------------------------------------------------------------------------------------------

Paket Psikotes Anak

Dapatkan promo Paket Psikotes Anak  di Bulan Juni - Juli. Read More

 

Paket Operasi Katarak

Dapatkan promo Paket Operasi Katarak Dengan Teknik Fakoemulsifikasi  di Bulan Agustus - September. Read More

 

Seminar Tumbuh Kembang Anak

 

RS Permata Bekasi menyelenggarakan seminar dengan tema "Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak". Read More

 

Perawatan Gigi

Dapatkan promo Perawatan Gigi di Bulan Juli - Agustus. Read More

 

 

Kick Off meeting - Business Plan 2015

 

Pada hari Rabu tanggal 25 Desember 2014 telah diadakan “Kick Off meeting – Business Plan 2015, RS Permata Keluarga Group” di Putri Duyung Cottage, Ancol, Jakarta Utara

 Read More

Business Plan Meeting RS Permata Keluarga Group

Business Plan Meeting Rumah Sakit Permata Keluarga Group diikuti oleh RS Permata Bekasi dan RS Permata Depok. Read More

 

Seminar kesehatan PT. Yutaka Manufacturing Indonesia

Sebagai bentuk kerjasama RS Permata Bekasi dengan perusahaan - perusahaan di daerah bekasi, RS Permata Bekasi dan PT. Yutaka Manufacturing Indonesia memberikan seminar kesehatan kepada para karyawan PT. Yustaka MAnufacturing Indonesia

Read More

Penyuluhan Kesehatan Ibu & Anak Kali Jambe, Lambang sari Tambun selatan


Sebagai bentuk kepedulian RS Permata Bekasi terhadap kesehatan masyarakat sekitar, secara rutin RS Permata Bekasi memberikan/mengadakan penyuluhan langsung ke masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Bentuk dari kegiatan ini berupa pemberian materi kesehatan ibu & anak dan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Read More

 

ARTIKEL KESEHATAN

----------------------------------------------------------------------------------------------

Rematik

 

Merupakan sekelompok penyakit yang menyerang berbagai organ dan jaringan tubuh seperti tulang , sendi, otot, bahkan darah atau organ tubuh lainnya. Read More

Demam Berdarah

Adalah penyakit yang disebabkan virus dengue yang masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi, terutama Aedes aegypti. Read More

PAP SMEAR CEGAH KANKER SERVIKS SEDINI MUNGKIN

Apa itu Pap Smear ?

Pap smear adalah pemeriksaan untuk mendeteksi secara dini adanya kanker leher rahim (serviks), disamping itu dapat sebagai pendeteksi adanya infeksi pada alat reproduksi wanita. Read More

 

 

 

 

---------------------------------------------------------------------------------------------------

RS PERMATA BEKASI @2014